Jumat, 20 Maret 2009

“Stage Fever”

Dua minggu yang lalu Diskusi mingguan Britzone di pandu oleh Mbak Yuke, salah seorang manager program dari ANTV. beliau membawakan tema “Be a good reporter”. seperti biasa dalam klub bahwa aspek Speaking practice yang di utamakan, maka tema ini menjadi sangat menarik dan berkali mendapat pujian dari peserta juga Mr. Arief – Independent Observer of BZ. teknisnya, acara ini menampilkan partisipan dalam format couple – interviewer dan interviewee – dengan memberikan beberapa opsi tema mulai dari politik, sosial, kesehatan dan entertain, juga peserta di beri opsi-opsi tokoh yang bisa di pilih untuk di perankan atau di interview.

di acara itu Mbak Yuke memberikan beberapa tips untuk menjadi seorang reporter yang baik diantaranya adalah menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang orang yang akan di interview [the interviewee], bersikap netral, tidak memojokkan, dan tidak menghakimi dan tentunya tetap kritis tetapi santun. acara ini juga di sambut dengan berbagai pertanyaan dari peserta, pertanyaan mayoritas adalah bagaimana jika dalam interview kita di hacking down atau di pojokkan, Mbak Yuke mengatakan bahwa kita [the interviewee] berhak untuk tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan mengatakan ‘no comment” atau “this’s privacy’ dsb.

akupun sangat exciting dengan acara ini, karena mengingatkan aku dengan mata kuliah Broadcasting yang pernah aku pelajari waktu kuliah D3 dulu. dosenku pak Daulat Pane adalah penyiar Voice of Indonesia [VOI] di RRI. aku sangat suka gaya mengajar pak pane yang creative juga ‘pronounciation’ nya yang bagus sehingga sangat enak di dengar, ternyata itulah modal utama menjadi seorang English newscaster kawan. di mata kuliah broad casting aku pernah belajar menjadi reporter, moderator talk show, MC, English newscaster juga teknik-tehnik penulisan berita, sayangnya aku tak menghayati mata kuliah ini dan terasa hanya sepintas lalu, padahal ini sangat menarik bukan? ;).

menjadi moderator dalam talk show hanya satu yang bisa sukses aku kerjakan. sedangkan tugas lain seperti newscaster, reporter selalu tidak bisa aku kerjakan dengan baik karena aspek nervousnessku yang membuatku sering mengalami Slipped tongue ketika berhadapan langsung dengan banyak audience, inilah satu sisi lagi kekuranganku kawan.

dan dari acara2 di BZ aku jadi menyadari bahwa ternyata penyakit “Stage Fever”ku ini belum juga sembuh, penyakit ini sering membuat ku Getting Blank atau mengalami kesalahan2 dalam pronunciations saat sedang berbicara. padalah aspek ini sangat penting dalam English public speaking .

ternyata memang benar kata Ali Obama, banyak orang bisa berbicara dengan lancar tetapi hanya sedikit yang bisa berbicara dengan lancar di depan umum atau di depan orang banyak karena itulah perlu latihan atau pembiasaan. Alhamdulillah saat ini Britzone sedang mengalami banyak kemajuan dalam hal metode diskusi yang memang lebih di fokuskan ke Speaking Skill, termasuk Public Speaking, semoga dengan belajar di BZ aku bisa menyembuhkan penyakit ‘Stage Fever” ku. 

Tidak ada komentar: