Senin, 26 Mei 2008

Menelusuri asal usulku (??)

mataku masih tertuju pada surat2 yang di jajar ibuku, salah satunya ada kartu keluarga, dengan reflek aku ambil kartu itu, mataku langsung menuju pada sebuah nama, siapa lagi klo bulan namaku Diajeng Roro Sri Mulyani (hehe lagi narsis neh J). di sebelahnya tetera tanggal lahir 3 Juli 1981, sekejap ku terbelalak kaget menatap angka2 itu, setahuku tanggal lahirku 28 februari tentang tahun emang Ibuku dah dari dulu memberi tahu klo Tahun ku di rekayasa / di katrol waktu pendaftaran masuk SD.

aku langsung Tanya sama Ibuku “Mak (panggilan untuk Ibuku)..ini Mak dapet tanggal dari mana? koq aku lahir 3 juli, padahal aku ulang tahun 28 februari. “
Nah itu tanggal lahir kamu yang ada di data kelurahan. Lah kamu dapet dari mana tanggal 28 Februari?? “ Gubraggg…!!!! berarti selama ini Ibu ku tidak pernah membaca Ijazahku yang berjejar dari SD sampai Sarjana?? (emang dari lulus SD aku sekolah dan tinggal jauh dari Ibuku, sehingga Ibuku ga pernah lihat Ijazahku ಜ)
***
Guys.. ada ga yang nonton acara Kick Andy di Metroteve waktu Guest Star nya Bpk. Dahlan Iskan sang empunya Koran Jawa Pos? tau ga seh klo beliau ini sama sekali ga tahu kapan hari dan bulan lahirnya? jadi data yang beliau pakai sampai sekarang itu rekayasa. Bagaimana ceritanya?? ceritanya orang tuanya dulu menulis tanggal lahir anak2nya di balik pintu lemari, nah suatu ketika tuh lemari di jual, jadi ya hilang begitu saja, karena ga ada surat kelahiran atau akte.

ga beda jauh dengan ceritaku, klo cerita Ibuku surat kelahiranku dulu di kumpulkan dengan surat nikah Ortuku dan di taruh di sebuah kotak kayu, dan ternyata surat2 itu habis di makan rayap (kayak jaman Majapahit ya kekeke), tak tersisa sedikitpun. sejak itulah aku kehilangan satu2nya bukti konkrit dan paling akurat ttg tanggal kelahiranku. dan ibuku tidak ingat luar kepala tanggal lahir ku yang beliau inget Cuma tahunnya. sehingga waktu daftar sekolah di datalah tanggal lahirku 28 februari 1979. ini dua penyimpangan sekaligus yang pertama tanggal yang di rekayasa, yang kedua tahun yang di katrol. konon aku masuk sekolah itu dari umur 4 tahun, waktu itu masih ikut2an anak Tk tapi kata guruku yang namanya pak Taryo aku cukup cerdas (hehe..Narsis lagi) tuk bisa mengikuti pelajaran sehingga Pak taryo ini menganjurkan agar aku di masukkan daftar aja tetapi umurnya di katrol. al hasil tahun yang harusnya 1981 jadi 1979

Nah bagaimana dengan tanggal 3 juli itu? aku terbengong2 bagaimana ibuku dapat data itu, hampir tak percaya aku kira sudah tidak ada lagi data yang bisa kulacak untuk menemukan tanggal kelahiranku yang sebenarnya. ternyta masih ada. mau tahu di mana?? di data kelurahan. yaitu dari data Kartu keluarga yang di simpan di kelurahan. Kartu keluarga yang di perbaharui oleh Ibuku itu mengambil data yang sama dari kartu2 keluarga yang sebelumnya yang kata Ibuku berdasarkan Tanggal Lahirku yang sebenernya, mgkn waktu itu surat kelahiranku belum di makan rayap J

Yah begituah ceritanya, liku-liku menemukan tanggal lahir ku. dulu aku suka kesel sama ortuku dengan ga jelasnya tanggal ini, aku pernah bercanda bilang sama Ibu “emang aku ini anak siapa seh mak, koq ga jelas gini tanggal lahirnya” hehe.

Finally, rasanya seneng juga bisa menemukan tanggal ini, walau secara legal formal identitasku memakai tanggal 28 Februari 1979, tetapi secara defacto ternyata aku lahir 3 Juli 1981. dengan bukti surat KK tadi. tapi sungguh di sayangkan untuk urusanku yang membutuhkan KK, data harus di samakan, karena semua Ijazahku memakai tanggal yang salah maka KK pun harus mengikutinya, klo tidak akan jadi masalah di kemudian hari, atau Ijazahku bisa di anggap Invalid (menyedihkan )

Bukannya aku takut cepet tua (hehe) dengan Rekayasa tanggalku itu, tetapi tentunya sebagai seorang yang lahir di dunia ini tentu pingin dunk tahu sejarah hidupnya sedetail mungkin termasuk tanggal lahirku, apalagi tanggal lahir adalah hal yang sangat penting dalam biography seseorang. nah klo nanti aku jadi orang terkenal dan mau bikin buku biography harus pake yang mana ya? hehehe

Tidak ada komentar: